JDIH - Biro Hukum

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Sosialisasi Perda Pengelolaan Sampah

Pemprov Kalsel terus berupaya untuk meningkatkan kualitas tata kelola lingkungan. Salah satu upaya itu, telah dimiliknya Peraturan Daerah (Perda) No 8 Tahun 2018, tentang Pengelolaan Sampah.

Dalam rangka mengenalkan kepada masyarakat luas tentang materi dan dasar pijakan yuridis perda, Biro Hukum Pemprov Kalsel menggelar sosialisasi, Rabu (11/7).

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Drs H Gusti Burhanuddin,MSi, perda ini sangat penting dalam rangka mengoptimalkan kebijakan lingkungan, khususnya pengelolaan sampah di Kalsel.

Sampah tentunya akan terus ada, seiring dengan adanya rutinitas kehidupan mahkluk hidup, adanya pertumbuhan penduduk yang terus meningkat dan pola hidup yang semakin konsumtif.

Di semua daerah, termasuk di Kalsel, permasalahan sampah menjadi masalah yang harus dipecahkan. Jika tidak ditangani dengan baik, sampah ini akan menjadi masalah.

Karena itu diharapkan, dengan adanya perda tentang pengelolaan sampah ini, dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam hal pengelolaan sampah di Kalsel, serta dapat mencegah dampak buruk yang ditimbulkan oleh sampah, seperti penyebaran penyakit dan banjir.

Dengan pengelolaan sampah ini, yang terpenting menurut gubernur, terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat, demi tercapainya kesejahteraan masyarakat.

 


Kembali Ke Halaman Sebelumnya