JDIH - Biro Hukum

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Sosialisasi Perda Nomor 19 Tahun 2018 tentang Rencana Pembangunan Industri Provinsi kalsel

Sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Kalsel Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Rencana Pembanguanan Industri Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018-2038 bertempat di Ruang Rapat Kantor Setda Kabupaten Tanah Laut, Pelaihari Kamis 23/5/2019. acara dibuka oleh Asisten I Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut. dilanjutkan dengan pengarahan oleh Plt Kepala Bagian Evaluasi dan Dokumentasi Hukum Sekretraiat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Narasumber dari Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel dan Biro Hukum Setda Provinsi Kalsel. 

Dengan undang-undang nomor 3 tahun 2014 tentang perindustrian. perundangan ini dimaksudkan untuk mengantisipasi dinamika perubahan lingkungan strategis, baik secara eksternal maupun internal. undang-undang tersebut membawa konsekuensi pergeseran peran dan misi pemerintah pusat, pemerintah daerah tingkat provinsi, maupun tingkat kabupaten/kota, dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan nasional di bidang pembangunan industri. selanjutnya undang-undang tersebut juga mengamanatkan kepada pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota untuk menyusun Rencana Pembangunan Industri Provinsi (RPIP) dan Rencana Pembangunan Industri Kabupaten/Kota (RPIK) yang mengacu kepada Rencana Induk Pembanguanan Industri Nasional (RIPIN) dan Kebijakan Industri Nasional.

untuk memacu percepatan pembangunan kawasan industri di kalimantan selatan, kita telah memiliki peraturan daerah provinsi kalimantan selatan nomor 19 tahun 2018 tentang Rencana Pembangunan Industri Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018-2038. peraturan ini sekaligus menjadi acuan bagi pemerintah kabupaten/kota untuk merumuskan peraturan daerah tentang rencana pembangunan industri daerah di tingkat kabupaten/kota.

Sosialisasi ini menjadi momen yang sangat strategis bagi kita semua, khususnya jajaran birokrasi ditingkat kabupaten/kota untuk menggali informasi terkait kebijakan provinsi dalam melaksanakan pembangunan sektor perindustrian secara berkelanjutan di kalimantan selatan.

 


Kembali Ke Halaman Sebelumnya